Atasi Insomnia dengan Cara Berikut


GANLOP.COM - Insomnia adalah suatu penyakit atau gangguan yang menyebabkan si penderita kesulitan untuk tidur dan istirahat. Insomnia tidak hanya berdampak kelelahan bagi  penderitanya, namun juga mendatangkan risiko beberapa penyakit, salah satunya jantung.

Namun insomnia bisa diatasi dengan berbagai cara, berikut ini beberapa diantaranya yang bisa kalian coba.


Kurangi cahaya
Menurut salah satu jurnal kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, sekitar 40 % penduduk negara tersebut mengalami susah tidur akibat cahaya lampu. Untuk itu usahakanlah untuk memadamkan lampu saat tidur. Selain membantu mengobati insomnia, ternyata mematikan lampu juga baik bagi kesehatan.

Banyak minum air putih dan susu
Salah satu penyebab insomnia adalah karena tubuh dehidrasi alias kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, lebih baik konsumsi air putih sebanyak mungkin, bila perlu tambah dengan susu hangat sebelum tidur.

Buat suasana kamar lebih nyaman
Kamar yang berantakan dan kotor sangatlah berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Tatalah kamar senyaman mungkin. Rapikan baju-baju dan benda yang berserakan dan ganti cat dinding sesuai selera.

Olahraga teratur
Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara mengatasi insomnia yang terbaik dan selain itu dapat membuat tubuh Anda lebih sehat. Energi yang didapatkan setelah melakukan olahraga dapat membuat tubuh tetap terjaga.

Jauhi kafein sebelum tidur
Minuman berkafein dapat mengakibatkan seseorang menjadi susah tidur, apalagi jika kafein dikonsumsi dalam kadar tinggi seperti pada kopi hitam. Agar terhindar dari insomnia, usahakanlah untuk menjauhi kafein setelah jam 3 sore.

Mandi air hangat
Mandi menggunakan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks. Setelah bekerja atau beraktifitas seharian, madilah dengan menggunakan air hangat agar otot kembali rileks, sehingga tidur pun menjadi nyenyak.

Jauhi gadget
Ada baiknya jika kalian gadget dari tempat tidur. Membawa gadget ke tempat tidur merupakan salah satu kebiasaan buruk karena bisa membuat kalian tidak fokus untuk istirahat. Gadget tidak hanya mengganggu tidur, tetapi juga dapat menggangu organ tubuh lainnya.

0 Response to "Atasi Insomnia dengan Cara Berikut"

Posting Komentar