Atasi Stres dengan Cara Berikut


GANLOP.COM – Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Stres bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari urusan pekerjaan, keluarga atau masalah hidup lainnya.


Stres tidak hanya bisa berpengaruh pada kondisi mental, namun juga fisik, karena itulah stres tidak boleh dibiarkan dan harus diatasi sejak dini. Banyak cara gampang untuk mengatasi stres. Inilah beberapa diantaranya.

Olahraga
Olahraga lari bisa membantu memperbaiki mood, meningkatkan produksi endorphin (hormon bahagia), dan membantu menyalurkan pikiran-pikiran negatif dengan cara sehat.

Tidur yang cukup
Salah satu cara simpel mengatasi stres adalah dengan istirahat atau tidur yang cukup. Sebuah riset yang dilakukan Robert Wood Johnson Foundation dan Harvard School of Public Health pada 2014 menemukan bahwa ada kaitan antara kekurangan tidur dengan stress. Riset tersebut menyatakan bahwa sekitar 70 persen responden yang stress mengaku kesulitan untuk tidur.

Matikan gadget
Memutuskan hubungan dari arus informasi yang konstan akan membantu mengembalikan keseimbangan dalam pikiran. Hal ini juga akan memusatkan kembali perhatian pada hal yang benar-benar penting. Matikan telepon, Internet atau televisi sementara waktu.

Tertawa
Tertawa bukan hanya menunjukkan bahwa Anda sedang menikmati momen, tapi juga mengubah sistem dalah tubuh yang dapat mengurangi stres dalam jangka panjang. Tertawa mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, kortisol, dan sebagai gantinya melepaskan hormon bahagia. Salah satu caranya dengan menonton film komedi.

Berendam atau berenang
Sudah sejak lama diyakini bahwa air memiliki efek yang sangat baik untuk penyembuhan maupun penenangan diri. Saat sesorang berada dalam air pikiran akan merasa tenang dan tubuh juga merasa sangat nyaman.

Dilansir dari Shape, sebuah studi asal Swedia yang dipublikasikan dalam International Journal of Management Stress menemukan bahwa mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh, yang membantu menekan tingkat hormon pemicu stres.

Konsumsi makanan penghilang stres
Ada beberapa jenis makanan yang diyakini bisa menghilangkan stres, seperti cokelat hitam, ikan tuna, salmon, atau buah alpukat, stroberi dan jeruk.

Curhat
Stres biasanya disebabkan karena pikiran terbebani dengan masalah yang dihadapi. Membagi atau mencurahkan isi hati pada seseorang bisa menjadi salah satu jalan untuk melepaskan stres. Walaupun kadang anda tidak mendapat solusi, namun setidaknya beban anda sedikit berkurang dan terbagi.

Seks
Menurut psikolog Simon Rego, seks dapat membantu menghilangkan stres. Rego menjelaskan, seks adalah kombinasi sempurna dari banyak faktor, termasuk pelepasan endorfin dan membentuk hubungan positif, yang membantu menghilangkan stres dan kecemasan.


0 Response to "Atasi Stres dengan Cara Berikut"

Posting Komentar