Habitat Charity Run, Lari Bersama untuk Bangun Indonesia


GANLOP.COM – Habitat for Humanity (HFH) Indonesia segera menggelar Habitat Charity Run, kegiatan yang mengajak keluarga dan generasi muda lari bersama sebagai bentuk dukungan pembangunan rumah yang lebih layak untuk ribuan keluarga di Indonesia.


Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus 2019 di Kebun Binatang Ragunan dengan pilihan jarak lima dan sepuluh kilometer. Setiap satu kilometer yang dicapai oleh peserta akan memberikan nilai donasi sebesar Rp 20.000,-. Donasi ini akan digunakan untuk membangun rumah layak huni di Mauk - Tangerang pada 28 Oktober mendatang dalam kegiatan 28build (to build) peringati Hari Sumpah Pemuda dengan semangat “Aku Bangun Indonesia”.

Habitat Charity Run merupakan bentuk inisiatif dari HFH untuk mengajak masyarakat bersama-sama mengurangi permasalahan perumahan. Data Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015 mencatat bahwa terdapat 7,6 juta pengerjaan tertunda perumahan di Indonesia berdasarkan perspektif penghunian.


“Tinggal di rumah tak layak huni berakibat pada kondisi kesehatan keluarga, termasuk anak rentan alami stunting. Salah satu wilayah layanan Habitat yakni di Mauk – Tangerang, anak-anaknya banyak alami stunting karena tinggal di rumah yang tidak layak huni. 3 dari 10 anak Indonesia alami stunting (malnutrisi) karena sanitasi buruk. Oleh karena itu, Habitat mengajak keluarga dan individu di Indonesia untuk membantu menyediakan rumah layak huni dengan cara berlari bersama,” jelas Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia.

Partisipasi masyarakat pada kegiatan amal ini tidak hanya untuk mendukung pembangunan rumah layak huni saja, namun juga mengurangi masalah kesehatan yang bisa mengakibatkan masalah stunting pada anak anak.

“Sangat senang saya bisa terlibat membangun Indonesia bersama Habitat for Humanity selama lebih dari dua tahun ini. Saya pribadi percaya bahwa segala sesuatu berawal dari rumah, dari keluarga. Berkegiatan bersama keluarga atau orang yang dicintai adalah momen paling membahagiakan. Saya berharap momen bahagia bersama keluarga juga bisa dinikmati oleh orang-orang yang membutuhkan. Oleh karenanya, mari bersama-sama mendukung mereka dengan menjadi bagian dalam menyediakan rumah yang layak huni melalui Habitat Charity Run. Mari kita sumbangkan tenaga, waktu, dan upaya kita dengan lari bersama,” ajak Daniel Mananta, Goodwill Ambassador Habitat for Humanity Indonesia.


Sependapat dengan Daniel, Olivia Jensen sebagai Icon dari Habitat for Humanity Indonesia menyampaikan bahwa Habitat Charity Run ini selain mendorong pola hidup sehat dan tingkatkan kebahagiaan, juga dapat mengajarkan kepada anak-anak sebagai generasi bangsa untuk berempati kepada orang-orang yang memerlukan. “Dengan Berlari kita Berbagi,” ungkapnya.

“Momen berlari bersama keluarga miliki double stimulant tingkatkan kebahagiaan. Pertama karena beraktivitas bersama orang-orang yang dicintai. Kedua karena lari merupakan olahraga yang paling efektif dorong produksi hormon endorphin yang berfungsi sebagai penenang sehingga manusia tidak mudah stres. Selain itu, menurut studi dari Universitas Arkansas, dengan berlari bisa tingkatkan rasa percaya diri,” tambah Chia Harijanto, perwakilan dari Indorunners yang turut mendukung Habitat Charity Run.

Pemilihan lokasi di Kebun Binatang Ragunan adalah supaya keluarga bisa menikmati momen bersama dengan lebih gembira dan aman.  Masyarakat dapat menikmati berbagai kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga, seperti zumba dance untuk para perempuan, kids corner yang didukung Supertots pertama kali di Indonesia, food bazaar, serta lari dengan pilihan jarak 5 KM dan 10 KM.

0 Response to "Habitat Charity Run, Lari Bersama untuk Bangun Indonesia"

Posting Komentar