Cara Sederhana Atasi Pegal Leher


GANLOP.COM – Pegal dan nyeri pada leher kerap dialami banyak orang, kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari posisi tidur yang tidak benar, bekerja di depan komputer dalam waktu lama, posisi tidur yang salah hingga stres.

Walaupun terbilang bukan penyakit parah, namun pegal pada leher dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan, karena itulah harus diatasi. Berikut ini beberapa cara mengatasi pegal pada bagian leher yang bisa kalian simak.


Lakukan peregangan
Lakukan peregangan sederhana seperti menggerakkan kepala ke atas dan ke bawah ataupun dari sisi ke sisi. Lakukanlah secara perlahan-lahan saat bangun tidur, di sela-sela kesibukan bekerja atau sebelum tidur.

Oleskan balsam
Oleskan balsam pada bagian leher yang sakit. Balsam atau salep mengandung bahan aktif berbeda untuk menekan sinyal rasa sakit, seperti capsaicin, camphor, atau menthol.

Kompres hangat dan dingin
Mandi air hangat atau menempelkan bantalan pemanas di leher belakang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke leher, serta membantu otot-otot leher menjadi relaks.

Pilihan yang lebih baik lagi adalah menyelinginya dengan kompres leher menggunakan es. Bungkus es dengan menggunakan handuk, lalu tempelkan selama beberapa menit di area yang diinginkan untuk mengurangi rasa sakit. Efek dingin dari es dapat merelaksasi otot-otot leher serta menimbulkan rasa kebas di daerah yang nyeri.

Pijat
Anda bisa melakukan pijat ke tukang urut profesional ataupun dengan pasangan Anda. Lakukan pijatan dengan lembut pada bagian leher menggunakan minyak kelapa atau zaitun.

Perbaiki posisi tidur
Tak jarang posisi tidur yang kurang baik menyebabkan sakit leher belakang. Untuk mengatasinya, perbaiki posisi tidur Anda dengan menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi serta pertahankan posisi tidur agar kepala tidak terlalu terangkat tinggi.

Konsultasi ke dokter
Jika Anda mengalami nyeri leher yang semakin memburuk atau tidak mulai membaik dalam satu sampai dua minggu, segeralah konsultasi ke dokter. Pasalnya dokter akan segera memberi tahu ketika Anda mungkin membutuhkan perawatan yang lebih khusus untuk meredakan gejala yang Anda alami.

0 Response to "Cara Sederhana Atasi Pegal Leher"

Posting Komentar